Wednesday, October 31, 2012

Kuliner Kaki Lima Kota Batam (Part I)

Orang Indonesia ituuuuuh engga puas kalo engga icip-icip makanan, apalagi kalo travelling kemana-mana.  Sampai Pak Bondan aja bikin acara "Wisata Kuliner", itu menandakan kalo orang Indonesia hobi kuliner yang berarti juga hobi makan.

So, saran eike..kalo temen-temen lagi berkunjung kemanapun juga, jangan lupa untuk icip masakan di tempat tersebut.  Kali ini aku pengen sharing tentang makanan yang selalu aku icip di Kota Batam.  Dikarenakan mayoritas penduduk di Kota batam itu campuran dari daerah-daerah Indonesia dan juga para expatriat, jadi makanan yang ada disana juga bervariasi.

Apa yang aku review disini mungkin cuma beberapa aja karena sudah agak lupa karena sudah lama banget engga kesana lagi.

Kita mulai dari daerah sekitar kantor aku dulu aja, di daerah Batamindo Industrial Park, disana bayak banget tempat jajanan yang enak en sesuai dengan lidah jawa (kalo yang jawa, yang bukan ya berarti lidah sunda atau lidah madura dek :p).

* Plaza Batamindo

Plaza Batamindo Food Court


Kalo disini aku selalu pesan di stan :

Pempek Palembang "Regita"
Pempek Palembang yang ada di seluruh Batam itu yang paling enak ya cuma ada disini, apalagi karena udah kenal ama yang jual, jadi bisa pesen Pempek Kapal Selam Kuah Model, jadi bisa untung dapet kuah "Model" yang ada irisan udangnya (engga mau rugi lah istilahnya).
Menunya gak cuma itu, ada juga Karedok, Gado-Gado, Pindang Ikan dan Pindang Tulang. Naaah yang aku sebutin terakhir itu yang pualing wenaaaak en aku suka. Pindang Tulang, jangan bayangin isinya ikan pindang atau tulang lho ya, tapi masakan ini itu semacam asam manis iga, sambelnya yang mak nyus, yaitu sambel mangga yang pedes-pedes kecut.

Pindang Ikan
Pindang Tulang
Pempek Kapal Selam

Depot "Moro Mampir" 
Menjual masakan china macam nasi goreng, bakmi goreng dkk. Tapi yang sering aku pesen itu nasi goreng merah pedas ama Fuyung Hai Saus Pedas, pokonya harus Pedas, kalo engga pedas kurang nampol lah yaw...
Tapi Lucunya, di Batam itu kalo minta pedas dikasinya bukan saos sambal, tapi irisan cabe rawit ijo (aneh kan?).
Kalo ini engga usah foto karena nasi goreng ya bentuknya ya gitu itu, nothing special with that, bisa aja aku kasi foto nasgor buatanku temen-temen juga engga tau kan? tapi daripada aku bohong, mending engga usah aja ya.

Pujasera Batamindo

Kalo disini banyak banget yang jualan ada kira-kira 10 lebih stand makanan yang dijual, tapi tetep, aku suka yang jualannya menu-menu jawa kayak Sate, Soto, Rawon, Ayam Bakar dsb.

Panasera Batamindo
 Lokasinya di Blok N kalo engga salah, aku sedikit lupa, tapi stan masakan yang ada juga engga jauh beda ama yang ada di Pujasera. Tapi ada sedikit yang special dsini karena ada Bakso Gunung Cab. Kepanjen itu tuh.

* Pempek Palembang Kaki Lima Depan Plaza Batamindo
Aku saranin untuk pesen Pempek Bakar ama Pempek Lenggang, karena itu yang paling enak disitu.


Pempek Bakar

Pempek Bakar, diisi kecap + sambal cabe rawit ijo
Pempek Lenggang
Pempek Lenggang itu cara buatnya persis banget ama tahu telor, jadi irisan pempek itu dikocok campur telur trus digoreng deh. Mantep rasanya.

*  Simpang Rujak
Kalo ini Malang belom punya nih...sederet di pinggir jalan pada jualan Rujak Manis, makanya dinamain simpang Rujak. Kalo dulu biasanya pas jam kantor, salah satu teman ada yang kudu dinas luar atau kunjungan ke Supplier en ngelewatin Simpang Rujak pasti kita titipin untuk beli rujak.

Simpang Rujak
Nah..untuk hari ini cukup sampai sini dulu ya, karena aku sambil nginget jaman dulu kala, sambil aku tanya-tanya ke temenku dulu kita suka kuliner dimana..hihihihi.

Oh iya...untuk yang sekarang ini aku bahas untuk kuliner Kaki Lima en yang sederhana dulu, ntar aku bagi kuliner-kuliner restoran dan Hotel yang sempet aku icip-icip di Kota Batam yang tidak aku cinta (karena yang aku cinta Kota Malang :p).

Ok guys...selamat sore dan met pulang kerjaaaaa...
muaaach...

No comments:

Post a Comment

komen yaaaaah...